Manfaat buah sawo untuk kesehatan



Manfaat buah sawo untuk kesehatan

Manfaat buah sawo untuk kesehatan. Pernah Mencicipi buah sawo? pasti pernah. Ya, buah ini juga menjadi salah satu buah favorit untuk dikonsumsi terlebih rasa manisnya dan lembut dagingnya membuat banyak masyarakat kita menyukai buah ini. Tak hanya di Indonesia, buah yang memiliki nama latin Achras Sapota L, juga telah dikenal diseluruh dunia dengan beragam sebutan seperti bahasa Inggris, sawo disebut sapodilla, chikoo, atau sapota.
  1. Baik untuk Tulang. Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga baik bagi kesehatan tulang kita. karena tulang memang sangat membutuhkan fosfor dan kalium untuk menjaga kekuatannya. Jadi tulang kita bisa tetap sehat kini dan nanti saat hari tua.
  2. Mengobat Wasir dan Diare. Buah sawo memiliki kandungan tanin yang cukup tinggi, mengandung antioksidan serta senyawa poli-fenolik. Tanin diketahui memiliki anti-parasit, antivirus, anti-inflamasi dan juga anti-bakteri. Hal inilah yang membuat buah sawo baik untuk penderita wasir dan diare. 
  3. Mengobat Radang Mulut. Daunnya juga bisa di gunakan sebagai obat radang mulut, caranya adalah dengan mengambil daun sawo, cuci bersih kemudian rebuslah selama 10 menit, lalu gunakan airnya untuk berkumur kumur. 
  4. Kandungan vitamin dalam buah sawo bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan. Buah ini diketahui memiliki kandungan vitamin A dan juga vitamin C. sesuai fungsinya, vitamin A ikut berperan dalam menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin C berguna untuk membantu sistem kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas.
  5. Mencegah anemia. Buah Sawo kaya akan kandungan nutrisi penting. Seperti zat besi, fosfor, folat, dan nutrisi lainnya. Nutrisi tersebut terbukti bermanfaat dalam memproduksi sel darah baru. Jadi dengan mengkosnumsi buah sawo akan meningkatnya produksi sel darah baru sehingga menghindarkan anda dari anemia.
  6. Kandungan serat di dalam sawo juga cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare. Gula sederhana di dalam sawo mampu memulihkan energi secara cepat. Sawo juga bisa minimalkan risiko kanker pencernaan, karena buah ini punya kemampuan mengikat karsinogen di dalam saluran pencernaan. 
  7. Buah sawo ini memiliki kandungan senyawa kalium yang cukup banyak. Berikut adalah kandungan mineral dalam 100 gram buah sawo. Kalium 193 mg/100 g, Natrium 12 mg/100 g, kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0,6  mg), seng (0,1 mg), dan tembaga (0,09 mg). Kandungan vitamin seperti riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A sangat baik sebagai zat antioksidan bagi tubuh.  
  8. Buah sawo memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, buah sawo kaya akan kandungan kalium dan rendah akan kandungan natrium sehingga buah sawo sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Konsumsi 100 gram buah sawo setiap hari juga dapat mencukupi kebutuhan vitamin C sejumlah 24,5 persen dari kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap harinya. Buah sawo juga mengandung asam folat yang diperlukan tubuh dalam pembentukan sel darah merah.    

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Manfaat buah sawo untuk kesehatan"

  1. bagus nih buat nambah wawasan, apalagi setelah mudik lebaran oleh2nya buah sawo. Hmm... tengkyu yaa...

    BalasHapus
  2. Kebetulan saya juga suka sawo,,, manis dan,,, pokoknya enak banget lahhh,,,

    BalasHapus